Teori Ausubel Tentang Penerimaan Pembelajaran

Oktober 3, 2007 at 2:16 am (Teori Dan Psikologi Belajar)

Alfi Laila 

Tidak semua pendidik setuju bahwa discovery adalah pendekatan yang terbaik, boleh jadi sebagian besar dari mereka mendukung suatu pendekatan yang berbeda (David Ausubel, 1963-1977). Kebanyakan orang-orang belajar melalui Reception Learning dan tidak sampai pada discovery Learning.  Pada umumnya siswa belajar pada apa yang mereka terima dari pada dari apa yang mereka temukan sendiri. sedangkan discovery itu tidak efektif dan banyak menghabiskan waktu. Sebagian besar teori cognitive yang diterapkan oleh David Ausubel mendukung karakteristik dasar konsepsi kelas. Sedangkan Dowell 1997 membantah teori David Ausubel yang menyajikan keseimbangan antara pembelajaran yang berpusat pada siswa dan pembelajaran yang berpusat pada guru.

3 Komentar

  1. mbak triyani said,

    Semua teori pembelajaran memang ada keunggulan tapi juga kelemahannya, mbah David punya teori seperti itu, sementara pak de Dowell juga punya gagasan yang berbeda. Untuk aplikasinya kita mesti melihat bagaimana ya gaya belajar students kita ? Lingkungan pembelajaran juga perlu dikaji, termasuk kurikulum, gaya mengajar para dosen and so on, ya ngak…ya nggak … iya ajalah ! Constructivism, setelah cognitive gitu loh !

  2. feamul said,

    pendekamat

  3. jaya said,

    mjen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: